Social Icons

Pages

Rabu, 26 Oktober 2016

Konsumsi coklat setiap hari mampu menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung

Menkonsumsi coklat setiap hari dapat menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung

Bisakah seorang dokter kunjungan memberikan resep coklat kepada para pasiennya setiap hari? 
Menurut sebuah studi baru, ialah sangat  memungkinkan. Para peneliti menunjukkan bahwa mengkonsumsi sejumlah kecil cokelat setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.
[Seorang wanita mengonsumsi coklat hitam]
Makan cokelat setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung, kata para peneliti di akademik dari University of Warwick Medical School, Inggris Raya, dan direktur ilmiah dari Departemen Kesehatan Penduduk di Luksemburg Institute of Health (LIH) - dan para rekan mempublikasikan temuan mereka dalam British Journal Gizi.


Coklat sering dianggap sebagai hadiah yang seharusnya hanya bisa dinikmati dalam waktu tertentu saja. Mengingat tinggi kadar lemak dan gula, tidak mengherankan apabila menkonsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kerusakan gigi dan obesitas.

Namun, menurut penelitian lebih lanjut ternyata menkonsumsi cokelat moderat dapat menghasilkan manfaat bagi kesehatan yang sangat signifikan, terutama ketika kita menkonsumsi " Dark Chocolate ".

Dark chocolate memiliki kandungan kakao tertinggi, yang berarti memiliki tingkat tertinggi antioksidan - khususnya, flavonoid - sejenis molekul yang dapat mencegah beberapa bentuk kerusakan sel.

Untuk risset lebih lanjut9 Prof. Stranges dan rekan menganalisis konsumsi cokelat dari 1.153 orang berusia 18-69 yang merupakan bagian dari Pengamatan Risiko Kardiovaskular di kajian Luxembourg (ORISCAV-LUX) .

Data asupan coklat dikumpulkan dari penyelesaian peserta dari kuesioner frekuensi makanan.

Tim berangkat untuk menyelidiki apakah asupan cokelat dikaitkan dengan resistensi insulin - di mana sel-sel tubuh tidak efektif merespon insulin, meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Mereka juga menilai bagaimana konsumsi coklat mempengaruhi tingkat enzim hati, yang merupakan ukuran dari fungsi hati.

Mengurangi resistensi insulin dengan konsumsi cokelat setiap hari
Para peneliti menemukan bahwa 81,8 persen dari peserta penelitian mengkonsumsi cokelat, dengan konsumsi rata-rata 24,8 gram sehari.

Dibandingkan dengan peserta yang tidak makan cokelat setiap hari, mereka yang melakukan ditemukan telah mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kadar enzim hati. Efeknya berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh yang lebih kuat, laporan tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates